Master Data Sales Distribution dalam SAP

Master data pada sales distribution tebagi atas 3 bagian yaitu :
a. Customer Master, menyimpan data-data yang berkaitan  dengan customer dan berisi semua informasi untuk memproses pesanan, pengiriman, faktur dan juga pembayaran. Setiap data pelanggan haus disimpan dalam customer master. 

Customer Master terbagi atas 3 bagian yaitu :

  1. General Data berisi data-data pelanggan yang bersifat umum. General Data mempunyai beberapa tab yaitu address, control data, payment transaction, marketing dan contact person.
  2. Company Code Data, data didalam kategori ini berisi tentang informasi-informasi yang secara spesifik tentang Management keuangan, Pembayaran dan data account bank. Tab tab yang ada pada kategori ini adalah  account management, payment transaction, correspondence, dan insurance.
  3. Sales Ares Data,  data data yang ada pada bagian ini hanya dapat dilihat oles sales area yang bersangkutan dan data data yang ada didalamnya juga hanya berlaku untuk sales tersebut. Pada bagian ini terdapat 3 tab yaotu sales, shipping, dan billing document.

b. Material Master, berisi tentang semua informasi yang dibutuhkan untuk mengelola material perusahaan.  Material master paling banyak digunakan dalam SALP system diantaranya adalah :
  1. Sales and Distribution
  2. Mataerial management
  3. Production
  4. Plant Maintenance
  5. Accounting / Controlling
  6. Quality management

Material master disimpan dalam sebuah segment fungsional yang disebut dengan views.

c. Sales Condition berisikan tentang data-data penjualan secara lengkap dan terperinci. Mulai dari harga, biaya tambahan, diskon dan pajak. Disini jga dapat ditentukan berdasarkan kondisi yang diinginkan dari berbagai data seperti bahan tertentu dan pelanggan tertentu.Setiap kondisi juga bergantung pada masing-masing document.

Yogyakarta, Oktober 2015

Related Posts:

1 Response to "Master Data Sales Distribution dalam SAP"