Pelacakan Tracking Email Online

Dalam kesempatan kali ini kita akan melakukan uji coba tentang email forensic. Uji coba yang dilakukan adalah dengan melakukan pelacakan email pribadi yang masuk dalam kateogri spam menggunakan situs online http://www.cyberforensics.in/OnlineEmailTracer/index.aspx. Dari pelacakan email ini nantinya akan didaptkan informasi yang berkaitan dengan si pengirim email tersebut. 

Email masuk yang akan dilakukan paelacakan adalah email yang dikirimkan dengan amalat email Trung Dovan td-saoagency@emu.edu.tr .  

Dalam email tersebut mengatakan bahwa Mrs Cathie seorang wanita tua yang didiagnosis kanker ingin menyumbangkan hartanya senilai $ 10,500,000.00 kepada saya. Mrs Cathie mengatakan agar saya menghubungi pengacaranya melalui email Barrister Tan Yu Phuong Esq: E-mail tanyuphuoungesq@qq.com. Senangnya jika itu memang benar-benar terjadi, wah bisa kaya mendadak ya. Tapi sayangnya ini hanya penipuan belaka dimana jika kita menghubungi email tersebut kemungkinan ia akan meminta data-data pribadi kita dan tentu saja bisa disalah gunakan untuk hal-hal yang tidak kita inginkan.Itulah sekilas mengenai isi emailnya. Nah sekarang kita akan langsung melakukan tracking. 
  • Langkah pertama adalah membuka email yang akan kita lakukan tracking, kemudian copy header emailnya untuk di pastekan ke situs email tracking. Dengan cara memilih/meng-klick pada pilihan Lebih lanjut ==> Lihat Header Lengkap. 

  • Selanjutnya akan muncul informasi yang berisikan Header Lengkap.


  • Setelah itu akan muncul informasi yang berkaitan dengan alamat si pengirim 


  • Dari hasil tracking email diatas terlihat bahwa email dikirimkan dari Portland, United States dengan IP Address 69.163.40.212. Namun berdasarkan keterangan diatas dijelaskan bahwa alamat IP Address dan lokasinya merupakan informasi dari ISP bukan lokasi dari sipengirim email tersebut.

  • Sedangkan alamat sipengirim adalah dari NECDET ICIL Eastern Mediterranean University Gazi magusa-North Cyprus, Mersin 10 Turkey dengan alamat IP Address 193.140.41.72.


Yogyakarta, Desember 2015

Related Posts:

0 Response to "Pelacakan Tracking Email Online"

Posting Komentar