Model Investigasi pada Paper "Systematic Digital Forensic"

Setelah membaca paper yang tentang “Systematic Digital Forensic Investigation Model” yang ditulis oleh Ankit Agarwal, Megha Gupta, and Saurabh Gupta, analisa yang saya dapat adalah Ankit Agarwal dkk ingin mengusulkan sebuah model baru yang dikenal dengan Systematic Digital Forensic Investigation Model (SRDFIM) yang bertujuan untuk membantu para ahli forensic dalam menyiapkan kebijakan dan prosedur yang tepat dan sistematis terkait kasus yang akan ditangani nya. Model baru yang diusulkan Ankit Agarwal dkk terinpirasi dari Invvestigsi model DRFWS Digital.

Dalam membuat model yang baru maka penulis membandingan beberapa tahapan dari model sebelumnya. Tahapan yang disbanding penulis adalah :

Dalam paper tersebut , ankit agrwal dkk mengusulkan model investigasi Systematic Digital Forensic Investigation Model (SRDFIM) untuk melengkapi kekurangan dari tahapan dari penulis sebelumnya. Dalam model investigasi ” Systematic Digital Forensic Investigation Model (SRDFIM)” ada 11 tahapan yang harus dilalui. Model investigasi yang baru digambarkan dalam bagan dibwah ini :

Jadi dengan adanya model investigasi yang diusulkan oleh Ankit Agarwal dkk ini dapat membantu dan dijadikan patokan para ahli forensic dalam menyelidiki kasus penipuan computer dan kejahatan cyber, model ini juga dapat membantu dalam melakukan pengembangan solusi umum terkait dalam pemenuhan kebutuhan yang berubah dengan cepat terutama yang berkaitan dengan bukti digital yang sangat rentan untu dimanipulasi, dan integrtitas data maupun dalam penerimaan bukti digital dapat tercapai. Tapi dengan adanya kemajuan teknologi yang semakin hari semakin berkembang mungkin akan ada beberapa kasus yang kurang tepat untuk diselesaikan dengan menggunakan model ini sehingga model investigasi ini dapat diperbarui dan dilengkapi seiring dengan berjalannya waktu.

Ini analisa singkat yang dapat saya simpulkan dari paper tentang “Systematic Digital Forensic Investigation Model” yang ditulis oleh Ankit Agarwal dkk.

Referensi
Ankit Agarwal, Megha Gupta, and Saurabh Gupta, “Systematic Digital Forensic Investigation Model,” International Journal of Computer Science and Security (IJCSS) 5, no. 1 (2011): 118–34.

Related Posts:

0 Response to "Model Investigasi pada Paper "Systematic Digital Forensic""

Posting Komentar