Rancangan Form Chain of Custody

Chain of custody adalah proses pendokumentasian barang bukti yang menjelaskan perkembangan barang bukti yang dimulai dari ditemukan nya barang bukti tersebut dilokasi kejadian hingga dibawa ke laboratoium forensic untuk dilakukan duplikasi dan dianalisa lebih lanjut. Setiap adanya perpindahan barang bukti tersebut harus dicatat dengan lengkap dan jelas agar keaslian barang bukti dapat terjaga dan tidak berubah. Sehingga barang bukti tersebut tidak diragukan lagi ketika digunakan dan dijadikan sebagai barang bukti dipengadilan.

Sebelum melakukan perancangan form chain of custody sebaiknya mempelajari dan melihat beberapa contoh form chain of custody yang sudah ada. Sehingga dapat menghasilkan rancangan form chain of custody yang lebih lengkap dan dapat digunakan serta dijadikan rujukan untuk penanganan barang bukti. Beberapa contoh form chain of custody yaitu :
  1. Form Chain of Custody dari Secretary General Mechanism berisikan pencatatan barang bukti yang bersifat umum seperti Nama barang bukti, Nomor kasus, Petugas, Penerima barang bukti, Locasi barang bukti dan tabel yang memuat jenis dan keterangan barang bukti.
  2. Form Chain of Custody dari National Institute of Standards and Technology (NIST) berisikan (Nomor Kasus, Petugas yang menangani, Tanggal Penyitaan dan Lokasi penyitaan), (Tabel deskripsi barang bukti), (Tabel Pencatatan Chain of Custody), dan Form Evidence Disposal (Penghancuran barang bukti yang sudah tidak digunakan lagi).
  3. Form Chain of Custody dari University of Pennsylvania berisikan : Keterangan tentang barang bukti yang ditemukan, Table Copy History, Tabel Tranfer History
  4. Form Chain of Custody dari U.S. Department of Justice National Institute of Justice memuat Form computer Evidence Worksheet, Hardrive Evidence Worksheet, Removable Media Evidence Worksheet. Jadi setiap barang bukti yang ditemukan di laporkan dan dibuat dalam form yang berbeda-beda

Dalam sebuah artikel yang berjudul Menurut Sarah D. Scalet “How to Keep a Digital Chain of Custody“, Sarah D. Scalet mengatakan bahwa form chain of custody harus bisa menjawab beberapa hal berikut :
  • Barang bukti apa yang didapatkan?
  • Bagaimana cara mendapatkan barang bukti?
  • Kapan barang bukti tersebut dikumpulkan?
  • Siapa saja yang terlibat dalam menangani barang bukti tersebut?
  • Mengapa pihak tersebut menangani barang bukti itu?
  • Kemana barang bukti dibawa dan dimana akhirnya barang bukti tersebut disimpan diamankan?
Dari beberapa contoh form chain of custody dari berbagai sumber dan juga point pertanyaan yang disampaikan oleh Sarah D. Scalet maka diperolah rancangan form chain of custody yang saya buat adalah sebagai berikut :

jika ingin mendownload form chain of custodynya klik disini ya

Related Posts:

0 Response to "Rancangan Form Chain of Custody"

Posting Komentar